4 Merk STB yang bisa nonton Youtube, cek harga dan spesifikasinya!


Merk STB yang bisa nonton Youtube – Beberapa masyarakat Indonesia telah mulai menyesuaikan diri dengan penggunaan Set Top Box (STB). Bahkan, beberapa pengguna STB telah mulai mengalami manfaat dari penggunaan perangkat tersebut.

Set-top box semakin populer karena dapat mengubah televisi analog tradisional menjadi televisi yang memiliki fungsi yang sama dengan televisi digital.

Seperti yang telah diketahui, Set-top box (STB), juga dikenal sebagai Digital TV BOX, adalah perangkat portabel yang memiliki fungsi utama untuk mengubah televisi analog standar (televisi non-digital) menjadi televisi digital.

Kini, sebagian besar kota yang ada di Indonesia sudah banyak yang menangkap siaran TV Digital dan rencananya pemerintah akan terus melakukan upaya peluasan ke kota dan kabupaten yang belum terjangkau siaran TV Digital.

Persaingan antara merek-merek STB semakin terasa, karena banyaknya merek STB yang tidak hanya menawarkan siaran TV digital, tetapi juga dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya. Tentunya, hal ini sangat menarik bagi para pengguna TV analog, karena mereka dapat menggunakan beberapa fungsi sekaligus hanya dengan satu STB.

Salah satu di antaranya adalah selain tugas utamanya untuk mengubah TV analog menjadi TV digital, terdapat berbagai merek STB yang juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengakses beberapa layanan internet.

Dengan menggunakan internet, pertanyaan selanjutnya adalah apakah TV analog yang menggunakan STB dapat mengakses YouTube?

Apakah STB bisa untu nonton Youtube?

Pertama-tama, penting untuk diketahui bahwa fungsi utama STB, seperti yang disebutkan sebelumnya, adalah mengubah TV analog menjadi TV digital sehingga siapa pun dapat menonton siaran TV digital. Fungsi ini pada dasarnya tidak memerlukan koneksi internet.

Namun, jika Anda memiliki koneksi internet yang memadai, STB tersebut juga dapat dilengkapi dengan fitur yang mirip dengan TV digital lainnya.

Karena perbedaan fungsi dan cara kerja ini, tidak semua STB memiliki kemampuan untuk mengakses layanan online seperti YouTube. Meskipun demikian, pasti ada merek STB yang dapat digunakan untuk menonton YouTube dan aplikasi lainnya.

Secara umum, STB yang mendukung YouTube biasanya dilengkapi dengan fitur koneksi dongle WiFi. Dongle WiFi adalah perangkat yang digunakan untuk menerima koneksi internet WiFi. Dongle WiFi ini dapat dihubungkan ke port USB pada STB sehingga STB dapat terhubung dengan internet. Baca artikel kami sebelumnya tentang 5 Merk dongle wifi terbaik.

Dengan adanya koneksi internet melalui WiFi tersebut, TV analog yang menggunakan STB dapat mengakses aplikasi bawaan seperti YouTube dan bahkan TikTok.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tipe STB yang dapat mengakses YouTube agar Anda tidak salah membeli.

Harap diingat bahwa ini hanyalah beberapa contoh rekomendasi Merk STB yang bisa nonton Youtube dan ada banyak pilihan lain yang juga dapat memenuhi kebutuhan Anda. Sebaiknya lakukan riset lebih lanjut dan perbandingan sebelum membeli STB yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

4 Merk STB yang bisa nonton Youtube

1. Matrix Burger DVB-T2

  • Harga dimulai dari Rp. 250.000,-
  • STB Matrix ini menjadi favorit yang diminati karena memiliki casing besar yang terbuat dari besi yang lebih tahan panas.
  • Selain itu, STB ini menawarkan resolusi tinggi 1080P, memungkinkan tampilan layar TV analog dapat ditonton dengan kualitas yang lebih jelas dan jernih.
  • Tentunya, Matrix Burger juga dapat mengakses YouTube dan TikTok karena dilengkapi dengan dongle WiFi TV. 
  • Selain itu, set-top box ini juga menawarkan fitur screen sharing dari HP, yang memungkinkan Anda untuk menonton konten televisi di layar yang lebih besar di rumah.

2. Welhome Crown

  • Harga dimulai dari Rp. 225.000,-
  • Welhome Crown STB menawarkan banyak fitur, termasuk chip 8MB dan casing besi yang tidak mudah panas. Hal ini memastikan tampilan yang berkualitas tinggi dan lancar tanpa hambatan.
  • Selain itu, STB ini juga dilengkapi dengan perangkat lunak terbaru yang memudahkan pengguna untuk mengakses YouTube.

3. Luby DVB-T2-01

  • Harga dimulai dari Rp. 220.000,-
  • Seperti merek STB sebelumnya, STB Luby dilengkapi dengan adapter WiFi. Ini berarti pengguna TV analog tidak perlu membeli adapter WiFi terpisah. Dengan harga yang bersaing, STB ini juga dapat dengan mudah mengakses YouTube karena telah diatur sebagai program utama.
  • Selain itu, STB ini juga menawarkan fungsi subtitle atau teleteks kepada pengguna.

4. Advan DigiPro

  • Advan DigiPro berbeda dengan merek STB sebelumnya karena tidak memiliki adapter WiFi. Oleh karena itu, pengguna STB ini disarankan untuk membeli adaptor WiFi secara terpisah. Namun, jika pengguna Advan DigiPro sudah menggunakan adaptor WiFi, mereka dapat dengan mudah mengakses YouTube.
  • Harga mulai dari Rp. 150.000,-
  • Selain itu, Advan DigiPro juga dapat digunakan untuk merekam siaran TV.

Kesimpulan

STB (Set-top Box) telah menjadi solusi populer bagi masyarakat Indonesia yang ingin beralih dari televisi analog ke televisi digital. Berbagai merek STB menawarkan fitur-fitur yang menarik, termasuk kemampuan untuk mengakses YouTube.

Matrix Burger, Welhome Crown, Luby DVB-T2-01, dan Advan DigiPro adalah beberapa contoh tipe STB yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan berbagai pilihan yang tersedia, pengguna dapat memilih STB yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka. 

Dengan adanya STB, pengguna TV analog dapat menikmati tampilan yang lebih jelas dan berkualitas tinggi, serta mengakses berbagai layanan online dengan mudah.

Demikian artikel tentang 4 Merk STB yang bisa nonton Youtube, apabila ada rekomendasi yang lain silahkan catat di kolom komentar ya.

Artikel selanjutnya :