Penjelasan Lengkap Asiasat 9 Ku Band KugoSky (Ninmedia)

Penjelasan Lengkap Asiasat 9 Ku Band KugoSky (Ninmedia) – Pengguna parabola sering membicarakan tentang frekuensi terbaru Ninmedia yang menjadi terkenal karena menyediakan banyak saluran TV gratis. Ninmedia adalah operator penyiaran TV satelit semi berlangganan yang merekomendasikan penggunaan receiver untuk kenyamanan menonton acara favorit.

Baru-baru ini, Ninmedia telah melakukan rebranding menjadi Kugosky karena perubahan internal. Ini menyebabkan perubahan pada layanan mereka secara umum dan seringkali memaksa pelanggan untuk beralih ke satelit yang berbeda. Pelanggan Ninmedia perlu melakukan proses tracking ulang dengan memasukkan nama dan nomor transponder satelit terbaru yang masih aktif.

Awalnya, Ninmedia menyiarkan programnya melalui satelit Chinasat 11 sebelum beralih ke Asiasat 9 Ku Band. Namun, mereka tidak berhenti di situ saja, dan provider tersebut terus melakukan pembaruan pada transponder yang digunakan.

Akibatnya, pengguna yang tidak terbiasa dengan perubahan ini seringkali merasa kebingungan ketika program yang ditayangkan tiba-tiba hilang secara keseluruhan. Inilah dampak langsung dari kebijakan Ninmedia yang terus mengganti transmisi.

Baca artikel lain : 
Oleh karena itu, Ninmedia mungkin kurang sesuai untuk masyarakat awam yang masih pemula dalam hal ini. Sebaliknya, Ninmedia cenderung lebih mendukung teknisi yang memiliki hobi dalam melakukan tracking sinyal satelit.

Berikut adalah nomor frekuensi terbaru Ninmedia:

DataDeskripsi
OperatorNinmedia
AliasKugosky
SatelitMeasat 3b
SpektrumKu Band
BeamIndonesia
Koordinat12563 H 30000
Frekuensi12563
PolaritasHorizontal
Simbol Rate30000
VideoMPEG-4
SistemDVB-S2
Modulasi8PSK
EnkripsiStream Guard
Channel FTAYa
Channel FTVYa
ReceiverRekomendasi
ParabolaMini

Untuk menikmati siaran dari Ninmedia, bisa menggunakan receiver umum atau receiver yang direkomendasikan oleh provider. Ninmedia sendiri menawarkan banyak channel yang gratis untuk para pengguna.

Namun, receiver yang direkomendasikan oleh Ninmedia memiliki keunggulan dalam mendukung tambahan siaran FTV (free to view) gratis. Meski demikian, dibandingkan dengan provider lain, Ninmedia mungkin kurang stabil dalam hal kualitas dan seringkali beralih ke satelit yang berbeda.

Saat ini, layanan Ninmedia hanya beroperasi di satu slot transponder saja. Semoga tidak ada lagi perpindahan satelit yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi para pengguna dalam menonton acara televisi.

Cara Memasukan Frekuensi Ninmedia di Asiasat 9 Ku Band

Setelah mencatat transponder Ninmedia terbaru, langkah selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam receiver dan melakukan proses tracking dengan memutar dish parabola.

Pastikan bahwa pemasangan parabola dan koneksi receiver sudah benar. Selain itu, disarankan untuk menggunakan aplikasi “Satfinder” agar proses tracking dapat berjalan dengan lancar.

Bagi para profesional, biasanya mereka dapat menangkap sinyal dengan cepat tanpa ada masalah. Namun, untuk pemula, diperlukan referensi yang tepat dalam menjalankan proses pointing dish.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memasukkan frekuensi terbaru Ninmedia Asiasat 9 Ku Band ke dalam receiver:

  1. Hidupkan TV LED dan receiver Ninmedia dengan menekan tombol power.
  2. Siapkan remote kontrol asli pabrikan receiver.
  3. Tekan tombol menu yang terdapat pada remote kontrol.
  4. Halaman utama dengan beberapa fitur sistem akan muncul.
  5. Sorot opsi “Instalasi” dan tekan tombol “Add” untuk menambahkan satelit baru.
  6. Masukkan nama dan koordinat satelit Measat 3b.
  7. Atur frekuensi LNB menjadi “universal” dengan nilai 9750-10600.
  8. Masukkan nomor frekuensi terbaru untuk Ninmedia.
  9. Atur polaritas menjadi “Auto” untuk memudahkan tracking sinyal.
  10. Tekan tombol “Scan” untuk memulai proses pemindaian channel.
  11. Tunggu beberapa saat hingga seluruh channel tersimpan dengan baik.

Setiap receiver rekomendasi maupun umum memiliki menu yang berbeda-beda. Namun, prinsip input nomor frekuensi satelit pada dasarnya sama.

Diperlukan pemahaman dan penggunaan remote control dengan benar untuk mengoperasikan receiver. Hal ini dapat mempermudah proses konfigurasi pada receiver manapun.

Pastikan juga intensitas sinyal yang masuk minimal 60 persen untuk mendapatkan siaran yang lancar. Jika berhasil, seluruh channel FTA akan muncul di layar.

Kesimpulan

Dampak perubahan transponder dapat berpengaruh langsung pada seluruh siaran Ninmedia, sehingga frekuensi lama perlu diinput ulang.

Ninmedia kemungkinan berusaha meningkatkan layanan dan mengembalikan kepercayaan publik pada siaran satelit gratis, karena sinyal UHF digital terbatas pada daerah perkotaan dekat pemancar dan masyarakat pedesaan memerlukan parabola untuk menonton.

Daftar channel Ninmedia mengalami penurunan jumlah yang signifikan sehingga hanya tersedia kurang dari 20 siaran TV satelit FTA maupun FTV. Pengguna STB umum lebih cenderung mencari siaran Ninmedia atau Kugosky, sedangkan pengguna tipe rekomendasi memilih provider lain seperti Nex Parabola, K Vision, dan Nusantara HD.

Itulah penjelasan singkat mengenai Asiasat 9 Ku Band KugoSky, Semoga bermanfaat.