Cara Pasang 1 Parabola untuk 2 receiver atau Lebih

Berikut ini admin akan berbagi acara pasang 1 parabola untuk 2 receiver yang dijelaskan secara detil dan mudah difahami. Cara ini dikhususkan untuk tracker pemula yang baru coba memasuki dunia parabola.

Sangat sayang rasanya jika didalam satu rumah terdapat banyak tv dan menggunakan parabola masing-masing. Sangat boros dan kurang efisien. Akan lebih mudah dan efisien apabila cukp menggunakan 1 parabola saja namun bida digunakan untuk beberapa receiver dan dari receiver dihubungkan ke tv.

Adapun alat-alat yang perlu dipersiapkan untuk 1 Parabola untuk 2 receiver adalah :

  • 1 Unit Parabola
  • 1 Unit LNB dual Out
  • 2 Gulung tali kabel Parabola ke receiver 
  • 2 Unit Receiver

Tidak ada perbedaan yang mendasar antara pasang untuk 1 receiver dan 2 receiver atau lebih yang membedakan adalah tipe LNB nya, jika untuk 2 tv maka yang diperlukan adalah dual out, seperti ini bentuknya :

Catatan : Carilah LNB yang tulisan atasnya RCV dan RCV bukan RCV dan LNB. Namun ada dibeberapa merk misalnya Gardiner yang bisa digunakan walaupun RCV dan LNB.

Cara Pasang 1 Parabola untuk 2 Receiver

Adapun cara pasang 1 parabola untuk 2 receiver dengan mengikuti cara-cara sebagai berikut:
  1. Pasang kedua tali kabel antena parabola kedalam 2 port lubang yang ada di LNB
  2. Pada lubang lain masukan kedua lubang ke masing masing receiver
  3. Cari sinyal dengan cukup menggunakan 1 receiver / 1 tv saja
  4. Jika sudah ada sinyal hidupkan masing-masing receiver dan TV untuk mengecek sinyal di masing-masing receiver
Semudah itu cara pasang 1 parabola untuk 2 receiver. Pada tutorial ini yang perlu anda perhatikan betul adalah jenis LNB nya. Carilah LNB yang betul-betul bertipe RCV dan RCV.

Kukurangan menggunakan T.F Jack

Kelebihan menggunakan metode ini adalah sangat aman dari gangguan konsleting kabel seperti yang biasanya terjadi pada instalasi pemasangan 1 parabola untuk 2 receiver dengan menggunakan konektor letter T.

Konektor T.F Jack atau Konektor T ini sangat tidak aman dan tidak direkomendasikan untuk penggunaan 1 parabola untuk 2 receiver dikarenakan sangat rawan menjadi penyebab korsleting pada kabel parabola. Jika sudah begini, mau tak mau anda harus beli kabel baru.

Selain itu kekurangan konektor ini juga tidak maksimal dalam penerimaan polaritas pada transponder. Jika salah satu tv mengarah ke siaran yang berpolaritas Vetikal, maka tv yang lainnya juga harus diarahkan ke siaran yang transponder berpolaritas Vertikal, jika tetap pada Horizontal ia akan gelap.

Perbedaan LNB Dual out dan Dual Polarity

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa ciri mendasar dari LNB dual out adalah menggunakan output RCV dan RCV. Pada jenis LNB yang lain ada juga tipe LNB yang dual outnya 13/V dan 18/H, tipe LNB dual seperti ini harus menggunakan switch untuk menghubungkannya ke receiver, berikut gambaran pemasangan LNB dual polarity pada siwtch:

jadi, jangan sampai salah pilih, jika anda ingin pasang 1 parabola untuk 2 receiver maka yang harus anda cari adalah LNB dual out yang RCV dan RCV. atau anda juga bisa menggunakan LNB 4 out sebagai solusinya.
Baca Juga beberapa artikel rekomendasi berikut ini :
Saran : Jika anda ingin menghubungkan 1 parabola untuk 2 receiver, sebaiknya gunakanlah LNB merk gardiner yang berwarna biru.ataupun orange, karna merk ini yang sudah banyak dipakai oleh para tracker senior.

Demikian panduan cara pasang 1 parabola untuk 2 receiver, tutorial ini juga berlaku untuk lnb jenis ku band. Jika ingin menambahkan lebih banyak receiver gunakan lnb 4 out atau anda bisa juga menggunakan switch dengan menggunakan LNB dual polarity.