4 Perbedaan Tv Digital dan Tv Parabola

Televisi merupakan salah satu alat hiburan yang paling banyak digunakan di rumah-rumah saat ini. Terdapat dua jenis televisi yang populer, yaitu TV parabola dan TV digital. Kedua jenis televisi ini memiliki perbedaan dalam hal kualitas gambar dan suara, biaya pemasangan dan operasional, pilihan tayangan, dan fungsi tambahan.

Pemahaman yang baik tentang perbedaan antara TV parabola dan TV digital akan membantu Sobat memilih jenis televisi yang sesuai dengan kebutuhan Sobat. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara TV parabola dan TV digital secara lebih detail.

Apa itu Tv Digital?

TV digital adalah jenis televisi yang menggunakan sinyal digital untuk menayangkan tayangan televisi. Sinyal digital ini diterima melalui perangkat penerima dan diterjemahkan menjadi gambar dan suara yang berkualitas. TV digital biasanya membutuhkan langganan dari operator siaran dan akses internet untuk mengakses tayangan tambahan.

Apa itu Tv Parabola?

TV parabola adalah jenis televisi yang menggunakan satelit untuk menerima siaran televisi. Satelit ini harus dipasang di atap rumah atau di halaman rumah dan mengarahkan antena parabola ke satelit yang tepat untuk menerima siaran televisi. 

TV parabola biasanya tidak memerlukan akses internet, tetapi membutuhkan decoder parabola seperti Getmecom, Matrix, Kaonsat, maupun yang versi berbayar seperti K Vision, Nex Parabola maupun Nusantara HD dan biasanya ada biaya tambahan untuk memasang dan mengarahkan ke satelit.

Berikut Perbedaan antara Tv Digital dan Tv Parabola

1. Kualitas gambar dan suara

Dari segi gambar dan suara kami nilai keduanya tidak ada perbedaan, bahkan bisa dikatakan sama. Namun TV Digital yang bersumber dari tv dan bukan receiver cenderung lebih bergantung pada spesifikasi tv itu sendiri.

Nilai :

  • Tv Digial : 90
  • Tv Parabola : 90

2. Biaya pemasangan dan operasional

TV parabola membutuhkan biaya pemasangan yang lebih tinggi dan biaya operasional bulanan dibandingkan TV digital. TV digital biasanya hanya membutuhkan perangkat penerima dan langganan siaran. Perbedaan Tv Digital dan Tv Parabola di aspek ini yang sangat jelas terlihat.

Nilai :

  • Tv Digital : 90
  • Tv Parabola :70

3. Sumber siaran

TV digital menggunakan siaran dari antena tersetial, sedangkan TV parabola menggunakan siaran dari satelit. Siaran dari setalit cenderung lebih stabil dan berkualitas baik sedangkan sumber dari antena terestial membutuhkan antena tunggal atau UHF.

Nilai :

  • Tv Digital : 80
  • Tv Parabola : 90

4. Pilihan tayangan

 TV digital biasanya menawarkan lebih sedikit  pilihan tayangan dibandingkan TV parabola, terutama pada tayangan internasional. Tv Parabola memiliki siaran yang fleksibel tergantung ke arah satelit  mana parabola dia arahkan. Sedangkan Tv digital hanya menangkap siaran lokal dan Nasional saja.

Nilai : 

Tv digital : 60
Tv Parabola : 85

Baca artikel lain di blog ini :

Kesimpulan 

Setelah membahas perbedaan antara TV digital dan TV parabola, tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing orang, salah satu jenis televisi mungkin lebih sesuai daripada yang lain. Jika Sobat mencari televisi dengan banyak tayangan, lebih murah, maka TV digital mungkin pilihan yang tepat.

 
Namun, jika Sobat lebih memilih kepuasan dalam menonton dan ingin terikat pada langganan sehingga lebih banyak menonton siaran, TV parabola mungkin pilihan yang lebih baik.
 
Pada akhirnya, pilihan antara TV digital dan TV parabola harus didasarkan pada kebutuhan dan preferensi individu. Jangan ragu untuk mempertimbangkan semua faktor dan meminta saran dari ahli sebelum memutuskan jenis televisi yang tepat untuk rumah Sobat.